Saham Proton Dijual, Malaysia Berencana Buat Kendaraan Beroda Empat Nasional Baru

Mahathir Mohamad Nyetir Mobil. Foto: Twitter/ Firdaus AbdullahMahathir Mohamad Nyetir Mobil. Foto: Twitter/ Firdaus Abdullah

Kuala Lumpur - Setelah menjual saham perusahaan Proton ke China pada Juni 2017 kemudian sebanyak 49,9 persen, Malaysia mengaku sudah kehilangan salah satu harta pentingnya. Oleh lantaran itu, pemerintah Malaysia sedang berupaya untuk menciptakan kendaraan beroda empat dalam negeri lagi. Hal tersebut dipaparkan oleh Perdana Menteri Tun Dr Mahathir Mohamad beberapa waktu lalu.

Diberitakan Paultan, Mahathir menanggapi kemungkinan Malaysia akan membeli kembali saham perusahaan otomotif dalam negerinya. Katanya, kemungkinan tersebut sangatlah kecil mengingat bantu-membantu Malaysia masih mempunyai 51 persen (sebenarnya 50.1 persen) kepemilikan di Proton.



"Sebenarnya Malaysia masih mempunyai kepemilikan saham yang besar di Proton, 51 persen. Saya tidak tahu bagaimana perjanjiannya kepada China kemarin (apakah dapat dibeli kembali atau tidak), yang niscaya pasar Proton dapat berkembang hingga ke China," katanya menurut laporan tersebut.

"Namun perusahaan percaya bahwa Malaysia dapat memproduksi kendaraan beroda empat sendiri lagi dan kini khusus setir kanan. Nantinya akan menyasar pasar kendaraan beroda empat yang memang menggunakan setir kanan juga. Makara tidak akan dapat kendaraan beroda empat yang akan lahir nanti ini ke China. Itulah batasannya. Kami harap, dapat memproduksi produk gres yang sudah standar emisi Euro 5 atau Euro 6 sehingga dapat memperbesar pasar meskipun tidak dapat masuk ke China," lanjut Mahathir.

Dapat disimpulkan bahwa kini pemerintah Malaysia sedang berupaya untuk dapat menciptakan kendaraan beroda empat nasional lagi. Namun, kendaraan beroda empat tersebut tidak dapat masuk ke pasar China (karena sudah ada Proton) sehingga mereka mengkhususkan produk empat roda terbarunya nanti hanya dibentuk dengan setir kanan.



"Ya nanti ibarat pertama kali kita buat kendaraan beroda empat nasional saja, dimulai dari hanya 18 persen konten lokal dan bekerja sama dengan Mitsubishi Motors. Perlahan kita dapat menciptakan seluruh proses pembuatan kendaraan beroda empat sendiri hingga desain, memproses materi baku, hingga diuji sendiri," ucap Mahathir.

"Sekarang, teknologi sudah modern dan kendaraan beroda empat banyak yang sudah menggunakan sensor. Kita akan melirik hal tersebut juga sehingga produk kita nanti bukan hanya untuk Malaysia melainkan seluruh pasar di dunia yang bersetir kanan," tutupnya dengan optimis akan kendaraan beroda empat gres dari Malaysia tersebut.
Tag : Mobil
0 Komentar untuk "Saham Proton Dijual, Malaysia Berencana Buat Kendaraan Beroda Empat Nasional Baru"

Back To Top