Jajaran Kendaraan Beroda Empat Terlaris Di Eropa Adalah...

Foto: Dadan KuswaraharjaFoto: Dadan Kuswaraharja

Jakarta - Di Indonesia, kendaraan beroda empat keluarga 7-penumpang menyerupai Avanza, Xenia, Xpander, hingga Confero menjadi paling banyak dicari pencinta otomotif. Bagaimana dengan benua biru?

Bila bergeser ke tanah Eropa, ternyata Mercedes-Benz dan Volkswagen menjadi roda empat yang paling banyak dibeli. Mulai dari kendaraan beroda empat MPV atau keluarga, SUV, hingga sedan.

Dilansir dari Paultan berdasarkan JATO Dynamics selaku analisis pasar kendaraan, ada beberapa segmen kendaraan beroda empat yang paling laku atau dicari Eropa.


Mulai dari Fiat 500 yang tak lagi dijual di Indonesia mencapai penjualan 71,416 kendaraan tahun kemarin, Volkswagen, Audi, BMW, hingga Mercedes-Benz juga ikut jadi buruan pecinta otomotif. Berikut rangkumannya.

Untuk kendaraan beroda empat keluarga atau biasa dikenal dengan sebutan Multiple Purpose Vehicle (MPV), jika di Indonesia paling laku kini yaitu Mitsubishi Xpander dan Toyota Avanza di Eropa justru merek mewahnya yang paling laku (untuk ukuran besar) yaitu Mercedes-Benz V-Class dan Seat Alhambra. Roda empat berpintu geser dan berdimensi cukup kotak tersebut sudah laku sekitar 9.000-an unit. Setelahnya, ada Ford S-Max yang menjadi kendaraan beroda empat keluarga besar yang laku di Eropa.

Dikelas small MPV, Fiat 500L menjadi kendaraan beroda empat terlaris sesudah mengalahkan Honda Jazz dengan membukukan penjualan sebanyak 22,011 unit. Sedangkan MPV menengahnya masih dirajai oleh Volkswagen Touran, Renault Scenic, dan Citroen C4 Spacetourer.


Pada kendaraan beroda empat tangguh 5-penumpang hingga 7-penumpang atau Sport Utilize Vehicle (SUV), ada tiga kelas yang berbeda yaitu crossover, SUV premium berukuran kecil, dan SUV premium berukuran besar. Di Indonesia, kendaraan beroda empat bertipe menyerupai ini yang paling laku yaitu Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, Honda CR-V, hingga Lexus RX200. Nah jika di Eropa, Peugeot 2008, Peugeot 3008, Peugeot 5008, Dacia Duster, Nissan Qashqai, Volkswagen Tiguan, Skoda Kodiaq, dan Nissan X-Trail menjadi paling banyak dicari.

Sedangkan SUV premium berukuran kecil, BMW X1 yang merajainya dengan torehan penjualan hingga 40,239 unit mengalahkan Mercedes-Benz GLA dan Audi Q3 yang sempurna ada di bawahnya. Tapi di kelas yang berbeda yakni sedikit lebih atas (berdasarkan harganya), Mercedes-Benz GLC memegang angka penjualan terlaris dengan membukukan 42,815 unit terjual mengalahkan Volvo XC60 dan Audi Q5.

Pada SUV premium berukuran besar masih dirajai oleh Volvo XC90 disusul oleh BMW X5, dan Range Rover Sport.

Persaingan paling seru berdasarkan laporan tersebut yaitu pada segmen sedan yang terbagi pada C-class, D-class, executive class, dan luxury class. Kelas tersebut mengambarkan kecanggihan teknologi, peforma, serta segmentasi pasar kendaraan beroda empat tersebut. Untuk C-class, Volkswagen Golf menjadi kendaraan beroda empat paling laku dengan penjualan 172,952 unit terjual disusul oleh Skoda Octavia dan Ford Focus.


Untuk D-class, ada Volkswagen passat, Mercedes-Benz C-Class, dan Audi A4 yang harganya jika di Indonesia hingga miliaran. Sedangkan di kelas executive, Mercedes-Benz E-Class membukukan penjualan terbanyak yang disusul oleh BMW 5 series dan Audi A6. Mobil Jerman merajai segmen sedan di Eropa, hingga pada luxury class pun, kendaraan beroda empat besutan Jerman yakni Mercedes-Benz S-Class masih duduk di peringkat pertama.

Terakhir, kendaraan beroda empat sport yang paling laku dibeli di Eropa yaitu Mazda MX-5, Audi TT, Porsche 718, Ford Mustang, Porsche 911, Mercedes-AMG GT, dan Ferrari 488. Namun masing-masing bangun sendiri di segmentasi kendaraan beroda empat sport berbeda.
Tag : Mobil
0 Komentar untuk "Jajaran Kendaraan Beroda Empat Terlaris Di Eropa Adalah..."

Back To Top