Mobil Yang Asing Dikala Ini Kendaraan Beroda Empat Plug-In Hybrid

Mitsubishi Outlander PHEV (Foto: M Luthfi Andika)Mitsubishi Outlander PHEV (Foto: M Luthfi Andika)

Jakarta -

[Gambas:Video 20detik]



Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV)
sudah mulai dijual di beberapa pasaran dunia. Mobil menggabungkan mesin bensin atau diesel konvensional dengan motor listrik yang ditenagai dari baterai.
Mobil mempunyai beberapa keajaiban, yang pertama tidak mirip kendaraan beroda empat hybrid, kendaraan beroda empat ini baterainya dapat juga diisi ulang dengan memakai colokan listrik di rumah. Kaprikornus range atau daya jelajah kendaraan beroda empat dapat lebih jauh lagi bahkan dapat mencapai ratusan km lebih.

Menurut pebalap Rifat Sungkar, dengan tenaga baterainya, kendaraan beroda empat ini ibaratnya kita mirip membawa genset di mobil. "Tujuannya apa generator ini? Si generator ini akan selalu mengisi baterainya, baterainya akan selalu memutar rodanya dan hebatnya ketika generator tidak bekerja si ban itu muter, semua yang berputar, artinya kan sebuah energi ketika bannya berputar motor listrik di depan dan belakang jalan tapi ketika bannya deakselerasi, kan ada hambatan, setiap kali ngangkat gas baterainya mengisi juga, jadi PHEV ini selalu berputar siklusnya untuk mengisi baterainya sebanyak-sebanyak biar jaraknya dapat lebih jauh, bensinnya irit," ujarnya.



Meski kendaraan beroda empat mempunyai ukuran yang cukup besar mirip sebuah SUV, konsumsi BBM kendaraan beroda empat sangat irit. Di Eropa saja, dikala Rifat Sungkar mengetes kendaraan beroda empat PHEV keluaran Mitsubishi konsumsi BBM dapat mencapai 40-50 km.



"Itu mobilnya segede Pajero Sport, motor belibis saja nggak segitu, tapi memang itu kendaraan beroda empat dijalankan di jalanan yang lurus," ujarnya.



Mobil PHEV merupakan evolusi dari kecanggihan teknologi. "Mobil PHEV malah lebih secure lagi, sebab nggak perlu bawa charger sebab punya genset di dalam mobil, tapi untuk mengisi pakai listrik pun bisa. Si PHEV ini waktu ada tsunami di Jepang, kendaraan beroda empat jadi terkenal. Mobil ajaib. Pertama mobilnya listrik dan bensin, pakai 4WD, dan ketiga yang paling aneh dan paling hebat, jikalau kendaraan beroda empat parkir, kendaraan beroda empat dapat mengeluarkan listrik hingga 1.500 watt," ujarnya.



Jadi kendaraan beroda empat pun dapat menjadi genset dikala kondisi darurat dimana tidak ada listrik. Rifat menambahkan pabrikan kendaraan beroda empat kini tengah berupaya biar baterai mobil-mobil hybrid dan PHEV semakin kecil namun mempunyai daya tahan lebih lama.



"Mobil ini kecanggihannya sama mirip HP dulu, dulu baterainya gede banget cuma berpengaruh setengah hari, kini dapat dua hari. Bodi kendaraan beroda empat pun kini dikembangkan memakai karbon dari komposit atau materi lainnya sehingga lebih ringan," ujar Rifat.
Tag : Mobil
0 Komentar untuk "Mobil Yang Asing Dikala Ini Kendaraan Beroda Empat Plug-In Hybrid"

Back To Top