Mobil Hybrid Dicoba Jarak Jauh, Ini Hasilnya

Prius Plug-In Hybrid. Foto: Ruly KurniawanPrius Plug-In Hybrid. Foto: Ruly Kurniawan

Tangerang - Pemerintah Indonesia mengajak kalangan akademisi untuk melaksanakan kajian soal kendaraan beroda empat ramah lingkungan. Tiga jenis kendaraan pun diuji.

Menurut Agus Purwadi Kepala Program Kendaraan Elektrik Indonesia dari Institut Teknologi Bandung, pihaknya menguji kendaraan beroda empat konvensional bermesin bakar, kendaraan beroda empat hybrid, dan kendaraan beroda empat plug-in hybrid. Pihaknya membandingkan kendaraan beroda empat Toyota Corolla, Prius Hybrid, dan Prius Plug-in Hybrid.

Sebelumnya Agus membeberkan data sementara hasil pengujian di kota Bandung. Tapi, pihaknya juga sempat mencoba membawa tiga jenis kendaraan itu untuk penggunaan jarak jauh dari Bandung ke Garut.
Mobil Hybrid Dicoba Jarak Jauh, Ini Hasilnya


Mobil konvensional Corolla diisi lima orang, sementara Prius Hybrid dan Prius Plug-In Hybrid diisi empat orang. Kondisi AC diset menyala dengan suhu kurang lebih 22 derajat celcius. Selama dikendarai, semua kendaraan beroda empat diset memakai Eco Mode. Kondisi jalan yang dilewati beragam, dari jalan kota, jalan tol, jalur menanjak dan menurun, sampai macet.

Dalam pengujian ini, kendaraan beroda empat bermesin bakar menempuh jarak 215,4 km, Prius Hybrid 215,1 km, dan Prius Plug-in Hybrid 203,6 km. Dalam menjangkau jarak itu, kendaraan beroda empat Corolla mengonsumsi materi bakar sebanyak 21,5 liter, Prius Hybrid 10 liter, dan Prius Plug-in Hybrid 6,5 liter.

Konsumsi materi bakarnya untuk Corolla sekitar 10 km/liter, Prius Hybrid 21,4 km/liter, dan Prius Plug-in Hybrid 31,2 km/liter. Untuk diketahui, Prius Plug-in Hybrid dapat digunakan mode elektriknya. Artinya, kendaraan beroda empat ini dapat dijalankan dengan tenaga listrik murninya dengan jarak terbatas. Saat pengujian, jarak tempuh elektriknya mencapai 77,4 km atau 38 persen.



"Antara hybrid dan plug-in hybrid memang tidak terlalu jauh perbedaannya. Artinya, jikalau digunakan jarak lebih jauh, Plug-In Hybrid pakai mode hybrid (menggabungkan mesin bakar dan motor listrik) lebih sering (daripada ketika penggunaan harian yang rasio penggunaan motor listrik murninya lebih banyak alasannya ketika macet mesin bakar mati-Red)," kata Agus alam program Gaikindo International Automotive Conference di arena GIIAS 2018 di ICE, BSD, Tangerang, Selasa (7/8/2018) kemarin.

Tapi ini gres hasil sementara. Agus menyebut, pengujian ini belum berakhir dan masih ada lagi data yang harus dikumpulkan.

"Angka dari sampel itu harus ditambahkan (pengujiannya) untuk mendapat data besar untuk analisis dan hasil lebih baik," kata Agus.

Mobil-mobil ramah lingkungan itu akan diuji di beberapa kota di antaranya Bandung, Jakarta, Solo sampai Yogyakarta. Beragam jenis jalan sampai suhu lingkungan bakal menjadi medan pengujian.



Cek video Samurai Listrik Mitsubishi 'Membelah' Arena GIIAS 2018
Tag : Event
0 Komentar untuk "Mobil Hybrid Dicoba Jarak Jauh, Ini Hasilnya"

Back To Top