Mahathir Mohamad Ingin Mobnas Ketiga Malaysia, Minta Sumbangan Jepang

Mahathir Mohamad Foto: dok. ReutersMahathir Mohamad Foto: dok. Reuters

Fukuoka - Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad mengutarakan ambisinya untuk membuat kendaraan beroda empat nasional ketiga Malaysia. Tak tanggung-tanggung Mahathir meminta pinjaman pabrikan Jepang menyerupai Nissan dan Toyota.

Demikian menyerupai dilaporkan Nikkei Asian Review, Rabu (15/8/2018). Hal itu disampaikan Mahathir dikala berbicara kepada wartawan di sela-sela kunjungan 4 harinya di Jepang.

Mahathir menyampaikan meminta pinjaman produsen Jepang sangat penting untuk membuat kendaraan beroda empat di zaman modern. "Beberapa anggota delegasi aku akan mengunjungi Daihatsu, tetapi sebelumnya perusahaan kami sudah menyurati kepada Nissan dan Toyota untuk menjalin kolaborasi dengan mereka," ungkapnya tanpa menyebut nama perusahaan lokal Malaysia yang sudah berkorespondensi dengan Jepang itu.



Pabrikan Jepang dipilih Mahathir alasannya yaitu mereka sudah cukup maju teknologi otomotifnya, apalagi kendaraan beroda empat kini dilengkapi dengan sensor segala macam untuk perangkat keamanan. Tapi sebelum itu ia ingin membuat kendaraan beroda empat untuk pasar Malaysia dulu. "Baru kemudian pasar dunia," ucap Mahathir.

Menteri Pengembangan Pengusaha, Redzuan Yusof pekan kemudian mengungkapkan bahwa Malaysia akan meluncurkan proyek kendaraan beroda empat nasional ketiganya di tahun 2020.

Malaysia sebelumnya bekerja sama dengan Mitsubishi untuk membuat Proton, kemudian dengan Daihatsu untuk membuat Perodua yang kini tengah moncer di sana.
Mahathir dikala berkunjung ke Indonesia juga menyampaikan pihaknya ingin menghidupkan lagi proyek kendaraan beroda empat ASEAN bersama Indonesia.


Cek juga video IMBC Dorong Pemerintah Perluas Hubungan Bisnis di Malaysia
Tag : Mobil
0 Komentar untuk "Mahathir Mohamad Ingin Mobnas Ketiga Malaysia, Minta Sumbangan Jepang"

Back To Top