Beraliansi, Renault-Nissan-Mitsubishi Ekonomis Puluhan Triliun Rupiah

CEO Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi Carlos Ghosn (Foto: Nissan)CEO Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi Carlos Ghosn (Foto: Nissan)

Tokyo/Paris - Aliansi Renault-Nissan dan Mitsubishi memberikan keuntungan berupa penghematan biaya bagi tiga pihak. Tahun kemudian ketiganya dapat menghemat biaya hingga 5,7 miliar euro atau setara dengan Rp 93 triliun.

Aliansi tidak hanya meliputi Renault, Nissan, Mitsubishi, namun ada juga sub merk di bawah ketiga merek menyerupai Datsun, Infiniti, Dacia, Alpine, Renault-Samsung, dan AvtoVAZ. Masing-masing dari mereka berhubungan dalam aneka macam cara, sehingga biaya pengembangan dan lain-lain dapat dipangkas.



Aliansi ini bekerja sama dalam pengembangan platform baru, komponen, dan teknologi. Mereka juga menyebarkan daya beli, forum keuangan dan bahkan biaya logistik.

Beberapa rujukan lain dari sinergi aliansi ini adalah:

- Adopsi Nissan Sales Finance dan Renault RCI Bank oleh Mitsubishi
- Benchmarking antara Nissan dan Mitsubishi di pasar ASEAN
- Berbagi gudang spare part antara Renault, Nissan dan Mitsubishi Motors di Eropa, Jepang dan Australia.


"Aliansi ini memperlihatkan efek konkret terhadap pertumbuhan dan keuntungan setiap anggota aliansi," ujar CEO dan Ketua Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi Carlos Ghosn.



Selain itu, tahun kemudian merupakan tahun di mana Mitsubishi mulai serius dalam aliansi tersebut, membantu aliansi meningkatkan penghematan biaya dari sinergi hingga 14 persen dibanding tahun 2016.

Target yang cukup ambisius pun dicanangkan Carlos Ghosn, yang membidik angka sinergi hingga $ 11,6 miliar atau setara dengan Rp 163,3 triliun pada selesai 2022.

Di bawah rencana jangka menengah aliansi, mereka menargetkan dapat menjual 14 juta kendaraan lebih. Dimana 9 juta diproduksi dengan platform yang sama termasuk kendaraan beroda empat listrik dan kendaraan beroda empat di segmen B.
Tag : Mobil
0 Komentar untuk "Beraliansi, Renault-Nissan-Mitsubishi Ekonomis Puluhan Triliun Rupiah"

Back To Top