Indonesia Dapat Tiru Malaysia Dalam Kembangkan Kendaraan Beroda Empat Nasionalnya

Interior kendaraan beroda empat Proton (Foto: Dina Rayanti)Interior kendaraan beroda empat Proton (Foto: Dina Rayanti)

Jakarta - Bicara soal industri otomotif, Indonesia masih kalah langkah dengan negara tetangga Malaysia. Selain menjual mobil-mobil canggih merek luar, Negeri Jiran juga mempunyai merek mobilnya sendiri lewat Perusahaan Otomobil Nasional Berhad (Proton).

Memang tidak dibangun dari nol, Proton memakai platform Mitsubishi dalam memproduksi kendaraan beroda empat pertamanya tahun 1983. Ide menciptakan Proton muncul dari Perdana Menteri Mahathir Mohamad yang dulu juga didapuk menjadi bos Proton.

Bukan cuma Proton yang menciptakan kendaraan beroda empat memakai platform Mitsubishi. Hal serupa juga dilakukan pabrikan asal Korea Selatan Hyundai.

"Option lain (membuat merek nasional) kita sanggup membeli teknologi, membayar tentunya dan menciptakan kendaraan beroda empat tersebtut dengan merek nasional. Kan sanggup kayak Proton beli teknologi dari Mitsubishi, Hyundai juga dari begitu dari Mitsubishi," ujar Ketua I Gaikindo Jongkie D Sugiarto ketika dihubungi detikOto, Selasa (15/5/2018).

Mengembangkan kendaraan beroda empat nasional buatan bangsa sendiri tentu membutuhkan waktu yang cukup panjang. Banyak upaya yang dilakukan biar kendaraan beroda empat nasional sanggup bersaing dengan merek-merek lain yang sudah teruji ketangguhannya.

Proton tidak muncul singkat. Butuh 30 tahun untuk mengembangkannya bahkan sanggup menembus pasar internasional. Dalam kurun waktu tersebut, Malaysia sanggup dibilang cukup sukses
mengepakan sayap Proton. Penggagas Proton bahkan menyebut Malaysia tergolong sebagai negara berkembang yang sanggup dengan cepat mengenalkan merek nasionalnya.

Jongkie sendiri menyebut Indonesia mempunyai potensi untuk menyebarkan mereknya sendiri. Tinggal diharapkan kemauan saja. Salah satu impian akan kendaraan beroda empat nasional pernah tiba dari kendaraan beroda empat pertama karya belum dewasa Sekolah Menengah kejuruan ialah Esemka.

Namun impian hanya sekadar harapan. Sejak tahun 2008 muncul, sampai sekarang wujud Esemka belum juga terlihat. Kabarnya mantan kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM Hendropriyono akan memunculkan Esemka dalam waktu dekat.

Ia mengaku menerima perintah pribadi dari Presiden Joko Widodo untuk memproduksi Esemka yang sanggup dijual pertengahan tahun ini.
Tag : Mobil
0 Komentar untuk "Indonesia Dapat Tiru Malaysia Dalam Kembangkan Kendaraan Beroda Empat Nasionalnya"

Back To Top