Apa Saja Jenis-Jenis Kendaraan Beroda Empat Listrik Yang Beredar Di Pasaran?

Colokan kendaraan beroda empat listrik (Foto: Grandyos Zafna)Colokan kendaraan beroda empat listrik (Foto: Grandyos Zafna)

Jakarta - Mobil listrik sebagai salah satu teknologi paling mutakhir dalam industri otomotif, tentu saja akan semakin diminati ke depannya. Bahkan ketika ini, kendaraan beroda empat listrik pun mempunyai beberapa varian yang cukup berbeda.

Rifat Sungkar selaku pereli Tanah Air, menyebutkan tiga jenis kendaraan beroda empat listrik yang beredar di pasaran.


Pertama yakni kendaraan beroda empat listrik jenis hybrid (entry level dari kendaraan beroda empat listrik). Hybrid merupakan kombinasi yang sistem kerjanya merupakan kombinasi antara mesin dan baterai.

Toyota Prius pencetus kendaraan beroda empat hybrid di pasaranToyota Prius pencetus kendaraan beroda empat hybrid di pasaran Foto: Ruly Kurniawan


"Biasanya baterai dipakai di kecepatan rendah atau dalam posisi stop and go. Namun ketika kendaraan beroda empat telah melaju melewati batas kecepatan 60 km/jam, tenaga yang dikeluarkan kendaraan beroda empat tersebut akan berubah secara otomatis memakai mesin," terang Rifat.

Yang kedua yakni kendaraan beroda empat listrik yang secara keseluruhan memakai daya kelistrikan. Cara mengisi baterainya hampir sama dengan pada ketika kita melaksanakan pengisian ulang baterai handphone atau perangkat-perangkat elektronik lainnya, yaitu dengan mencolok steker ke soket atau stop kontak.

Mobil listrik Mitsubishi MiEVMobil listrik Mitsubishi MiEV Foto: Grandyos Zafna



Terakhir yakni kendaraan beroda empat listrik berjenis plug in hybrid electric vehicle atau disingkat PHEV. Menurut Rifat, kendaraan beroda empat listrik jenis ini mempunyai laba lebih alasannya yakni masih menggabungkan penggunaan mesin dengan baterai.

Mitsubishi Outlander PHEVMitsubishi Outlander PHEV Foto: M Luthfi Andika


Namun perlu dicatat, bedanya dengan kendaraan beroda empat listrik hybrid biasa adalah, mesin yang terdapat pada PHEV tidak terintegrasi eksklusif dengan komponen gerak menyerupai ban, melainkan mesin ini hanya bertugas sebagai sumber energi atau generator yang akan selalu mengisi baterai yang kemudian menyalurkan energi terhadap komponen-komponen gerak mobil.
0 Komentar untuk "Apa Saja Jenis-Jenis Kendaraan Beroda Empat Listrik Yang Beredar Di Pasaran?"

Back To Top